Selasa, 08 November 2016

Daftar Air Terjun Terindah Di Malang Yang Bagus Dan Hits
1. Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah
Coban-Nirwana-Coban-Mbok-Karimah
Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah (Foto : instagram.com/rofi26)
Ini dia tempat wisata air terjun di Malang terbaru yang lagi hits dikalangan para traveler muda, namanya Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah. Air terjun ini sebenarnya belum punya nama resmi, namun banyak orang menyebutnya dengan nama tersebut.
Coban ini masih termasuk tempat wisata di Malang yang bagus dan jarang dikunjungi, boleh dibilang belum terjamah. Hal unik yang disajikan coban ini adalah panorama epic dan keren untuk spot selfie. Karena masih baru, coban yang kece ini masih minim fasilitas. Harga tiket masuknya pun gratis.
Coban Mbok Karimah atau Coban Nirwana terletak di kawasan Gedangan, yaitu salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk akses menuju air terjun ini terbilang cukup mudah, karena lokasinya berada di perbatasan antara kawasan Gedangan dengan Sumber Manjing Wetan, Malang.
Untuk sampai di lokasi, ada dua jalur yang bisa Anda tempuh. Pertama, Anda bisa melalui jalur dari kawasan Gedangan. Kedua, Anda bisa melalui jalur melalui kawasan Sumber Manjing Wetan, Malang. Kedua jalur tersebut sama-sama mudah untuk dilalui, hanya saja beberapa kilometer sebelum sampai lokasi, jalanannya sedikit kurang baik.
2. Coban Tundo
Air Terjun Di Malang
Air Terjun Di Malang Coban Tundo 2 Yang Indah Dan Eksotis (Foto : anomharya.com)
Coban Tondo termasuk air terjun indah di Malang yang relatif baru. Itulah mengapa jarang sekali ada wisatawan yang datang ke tempat ini. Letaknya di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Anda tidak akan dikenakan tiket masuk di Coban Tundo. Paling biaya parkir motor.
Lokasinya yang terbilang “mblusuk” atau tersembunyi, menjadikan air terjun ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai destinasi wisata ekstrim. Airnya berwaran biru muda dan memiliki kedalaman 2 meter. Untuk mencapainya, akan dibutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam dari Kota Malang.
Menurut beberapa info yang saya terima, ada 3 buah Coban Tundo yaitu Coban Tundo 1 yang letaknya paling atas, lalu dibawahnya ada Coban Tundo 2, dan yang paling bawah Coban Tundo 3. Lokasi yang paling bagus sepertinya Coban Tondo 2.
3. Coban Pelangi
Air Terjun Coban Pelangi
Air Terjun Coban Pelangi (Foto : bromotourtravel1.wordpress.com)
Air terjun Coban Pelangi merupakan tempat wisata alam di Malang yang terletak di kawasan Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Dinamakan Coban Pelangi karena air terjun ini sering membiaskan warna pelangi.
Air terjun ini adalah salah satu wanawisata yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang, dan dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Air terjun ini berada di ketinggian 1299,5 m di kaki Gunung Semeru. Suhu udara di kawasan ini berkisar antara 19 – 23 derajat Celcius.
Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke air terjun Coban Pelangi adalah di pagi hari. Saat pagi, kabut yang lembut sering muncul di sekitar coban setelah lewat dari tengah hari. Segarnya embun pagi hari juga sangat sejuk dan sayang untuk dilewatkan.
Oya, pada musim penghujan pihak pengelola sering membatasi kunjungan hingga pukul 16.00 saja. Harga tiket masuk sekitar Rp. 5.000,-. Parkir sepeda motor Rp. 2.000,- dan parkir mobil Rp. 5.000,-.
4. Coban Rondo
Air Terjun Terindah Di Malang
Air Terjun Terindah Di Malang Coban Rondo Yang Bagus Dan Hits (Foto : malangonline.com)
Nah, kalau air terjun yang satu ini mesti sudah banyak yang tahu. Coban Rondo adalah air terjun terindah di Malang yang paling terkenal. Wisata air terjun ini cocok dikunjungi bersama keluarga, karena jarak antara air terjun dan pintu masuk serta jalanan lebih mudah diakses.
Lokasi dan alamat Coban Rondo terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon. Air terjun di Coban Rondo memiliki ketinggian 60 meter. Disini juga terdapat taman labirin yang cukup populer sebagai tempat hunting foto paling instagramable.
Selain taman labirin, ada juga fasilitas wisata lain yang tersedia di Coban Rondo seperti area camping ground, wahana permainan outbond, flyingfox, tubing, airsoftgun, paintball, tasung, dan junggle trekking. Untuk harga tiket masuk Coban Rondo sebesar Rp.15.000,- dan Rp.10.000,- untuk taman labirin.
5. Coban Rais
Coban Rais
Coban Rais (Foto : @alwi_sm)
Seperti halnya kawasan wisata Bandung dan Puncak Bogor yang kaya akan air terjun, Kota Wisata Batu juga dianugerahi sejumlah air terjun yang eksotik. Salah satunya adalah Coban Rais yang tak kalah bagus bila dibandingkan dengan Coban Rondo.
Sebenarnya Coban Rais merupakan objek wisata pelengkap dari bumi perkemahan yang terletak di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Batu, Malang. Meskipun demikian, keindahannya tak boleh dilewatkan begitu saja.
Untuk mencapai air terjun Coban Rais, Anda harus melalui jalan setapak yang relatif landai, jalan hutan, dan menyusuri sungai. Perjalanan yang penuh ketegangan dan keletihan akan segera sirna ketika sampai disini. Keindahan air terjun Coban Rais akan segera mendamaikan dan menghilangkan lelah Anda.
Saat mengunjungi Coban Rais, jangan lupa membawa bekal makanan sendiri dan siapkan stamina, karena track menuju air terjun dari pintu masuk cukup jauh. Harga tiket masuk coban rais Rp.5000,- / orang, parkir motor Rp.1000,- / motor dan Rp.5000,- untuk mobil.
6. Coban Talun
Air Terjun Coban Talun
Air Terjun Coban Talun (Foto : mday.info)
Coban Talun adalah air terjun indah yang terletak di desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Untuk sampai di lokasi objek wisata ini, Anda harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 15 km atau 1,5 jam dari pusat kota Malang.
Keindahan air terjun ini bisa Anda lihat ketika cuaca sedang cerah. Butiran air yang terhempas angin akan menimbulkan warna pelangi yang sangat indah dan mempesona. Batua-batuan pegunungan yang sangat besar disini pun menambah keeksotikan air terjun Coban Talun.
Hal yang wajib Anda perhatikan adalah apabila hujan turun deras maka semua pengunjung wajib meninggalkan lokasi air terjun untuk antisipasi terjadinya banjir. Harga tiket masuk Coban Talun cukup murah meriah sekitar Rp.5.000,-, parkir motor Rp 2.000,- (roda dua) dan Rp 4.000,- (roda empat).
7. Coban Kethak
Coban Kethak
Coban Kethak (Foto : instagram.com/malangchannel/)
Coban Kethak terletak di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Keunikan air terjun baru di Malang ini adalah adanya batu berkepala singa yang berada di bawah aliran air terjun. Untuk suasananya hampir sama dengan coban lain yang sejuk dan asri. Harga tiket masuknya pun terbilang murah meriah, cuma Rp.5.000,-.
Keistimewaan Coban Kethak yang kedua adalah mempunyai luas area sekitar 4 hektar dan banyak ditumbuhi pohon durian dan alpukat. Akses jalannya pun mudah dijangkau, yaitu persis di samping jalan raya hutan Pait, atau sekitar 15 km dari Kecamatan Pujon. Anda tak perlu bingung-bingung untuk menemukan lokasi ini.
Setelah sampai di jalan raya hutan Piat tersebut, Andaharus menyusuri jalan bebatuan sepanjang 25 meter melewati bangunan yang terbuat dari bambu. Keindahan Coban Kethak akan terlihat begitu Anda sampai di lokasi. Anda akan disuguhkan sebuah air terjun yang memecah tebing berhiaskan akar-akar pohon liar yang berair dingin.
8. Coban Gintung
Coban Gintung
Coban Gintung (Foto : instagram.com/parabackpacker_/)
Lokasi Coban Gintung terletak di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang. Anda dapat harus menempuh jarak sekitar 75 km dari pusat Kota Malang dengan menggunakan sepeda motor atau mobil.
Jalur atau rute jalan yang dapat Anda tempuh yaitu Malang – Turen – Dampit – Ampel Gading. Setelah sampai di Kecamatan Ampel Gading, bertanyalah kepada warga sekitar atau ikuti papan penunjuk arah yang sudah banyak tersebar di sepanjang jalan.
Spot menarik disini adalah sebuah rumah pohon yang terletak di samping air terjun. Rumah inilah yang menjadi tempat favorit wisatawan untuk berfoto. Disini Anda juga bisa menikmati suasana sejuknya udara yang diproduksi oleh pohon-pohon tinggi menjulang.
Yang perlu diperhatikan adalah Anda harus rela antri bergiliran dengan pengunjung lain untuk memasuki rumah pohon. Hal ini karena rumah pohon itu hanya bisa dipakai untuk 4 orang. Untuk harga tiket masuk Coban Gintung masih gratis, hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp.5000,- (motor) dan Rp.10.000,- (mobil).
9. Air Terjun Sumber Pitu
Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang air terjun Sumber Pitu adalah ada 2 air terjun yang memiliki nama Sumber Pitu di Malang yaitu Sumber Pitu di Kecamatan Pujon dan Sumber Pitu di Kecamatan Tumpang. Lokasi keduanya sangat jauh, butuh waktu sekitar 2 jam dari Pujon ke Tumpang. Jadi jangan sampai keliru ya!
Air Terjun Sumber Pitu Tumpang
Air Terjun Sumber Pitu Tumpang
Air Terjun Sumber Pitu Tumpang (Foto : instagram.com/dolandolen/)
Air Terjun Sumber Pitu Tumpang atau Umbulan Pitu terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Konon kabarnya ada 7 sumber mata air berdekatan yang terletak di tebing sehingga memancarkan air dan jadilah air terjun sumber pitu.
Sumber Pitu adalah air terjun terindah di Malang yang memiliki kecantikan luar biasa. Tujuh air terjun setinggi sekitar 70 meter di tengah hutan panorama indah yang mempesona. Di dekat air terjun ini ada hamparan rumput lebat yang bisa digunakan untuk bersantai.
Untuk rute perjalanan menuju lokasi Sumber Pitu, kalau dari Pasar Tumpang, maka Anda harus menempuh perjalanan hingga Balai Desa Wringinanom, ke arah Gubuk Klakah. Tepat di depan Balai Desa Wringinanom, ambillah arah ke kiri. Di sana terdapat jalan utama menuju lokasi wisata ini.
Sesampainya di tempat parkir, sobat traveler masih harus berjalan dengan jarak sekitar 3-4 km, melewati perkebunan apel dan sayur-mayur yang hijau. Pemandangan yang indah akan Anda dapatkan di sepanjang perjalanan.
Harga tiket masuk air terjun Sumber Pitu Tumpang sekitar Rp.12.500,-, tapi mungkin sekarang sudah berubah dan kondisi air terjun sudah ada penambahan kolam untuk menampung limpahan air. Oya, keuntungan Anda jika berkunjung ke Sumber Pitu ini adalah bisa sekalian menikmati keindahan Air Terjun Ringin Gantung yang tak jauh lokasinya dari tempat ini.
Air Terjun Sumber Pitu Pujon
Air Terjun Sumber Pitu Pujon
Air Terjun Sumber Pitu Pujon (Foto : piknikasik.com)
Air Terjun Sumber Pitu Pujon terletak di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi, paling mudah melalui jalur Batu – Kediri. Dari kota Malang langsung saja menuju ke kota wisata Batu.
Dari kota Batu ambil arah menuju ke jalan Batu – Kediri. Lurus terus sampai pertigaan dengan sebuah patung sapi di pertigaan Ringin Punden lalu belok ke kiri. Dari sana lurus menuju ke barat arah dusun Pujon Kidul.
Suara gemercik air yang jatuh akan mulai terdengar ketika Anda sudah mulai mendekati lokasi air terjun Sumber Pitu. Ketika Anda sudah mulai mendekati ke air terjun sumber pitu akan menemui aliran sungai yang berasal dari mata air tersebut.
Air Terjun Coban Sumber Pitu Pujon memiliki bentuk yang indah seperti tirai raksasa. Air terjun sumber pitu Malang ini memang memiliki 7 titik air terjun dalam satu tebing yang cukup tinggi. Semua sumber air di Coban Sumber Pitu ini jatuh dengan cara yang eksotis.
Pemandangan air terjun semakin tampak indah dengan adanya tebing yang ditumbuhi oleh tamanan hijau. Sungguh spot fotogenik! Walaupun musim kemarau, air terjun ini akan tetap ada airnya, hanya saja debit airnya sedikit berkurang. Oya, harga tiket masuk air terjun Sumber Pitu Pujon sekitar Rp. 10.000,-.
10. Air Terjun Ringin Gantung
Air Terjun Ringin Gantung
Air Terjun Ringin Gantung (Foto : instagram.com/detribuddy/)
Tidak jauh dari Air Terjun Sumber Pitu Tumpang, terdapat Air Terjun Ringin Gantung yang mempunyai ketinggian sekitar 40 meter. Air terjun ini disebut Ringin Gantung karena terdapat pohon beringin yang menempel pada sisi baratnya.
Lokasi dan alamat Air Terjun Ringin Gantung terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Jadi, jika sobat traveler berkunjung kesini, bisa sekaligus mampir ke Sumber Pitu Tumpang. Untuk harga tiket masuk ke Ringin Gantung sepertinya masih gratis, namun untuk jaga-jaga siapkan saja uang Rp.15.000,- s/d Rp.25.000,-.
Coban Ringin Gantung tak hanya sekedar menawarkan kesejukan air terjun, coban ini juga akan menantang jiwa petualangan Anda untuk menjelajahi keindahannya. Pasalnya, medan menuju obyek wisata ini cukup meningkatkan adrenalin.
11. Coban Tumpak Sewu
Coban Tumpak Sewu
Coban Tumpak Sewu (Foto : instagram.com/viviridlwan/)
Air Terjun Tumpak Sewu terletak di aliran sungai Glidih yang menjadi perbatasan kecamatan Ampel Gading Malang dan kecamatan Pronojiwo Lumajang. Lebih tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.
Walaupun secara administratif berada di Lumajang, namun air terjun indah ini cukup populer di Malang. Oleh karena itu saya masukkan ke dalam daftar ini. Aiir terjun yang juga dikenal dengan nama Coban Sewu atau Grojogan Sewu ini memiliki keindahan yang luar biasa. Sumber air berderet sepanjang tebing yang berbentuk lengkungan nan indah dan megah.
Air terjun setinggi 180 meter ini dihiasi tumbuhan-tumbuhan hijau yang menempel di dinding tebing yang berwarna kecokelatan. Suara deru air terjun yang memecah kesunyian seolah mengundang wisatawan untuk turun tebing dan merasakan percikannya.
Dari ujung kanan ke ujung kiri tebing, sumber air mengalir deras. Bukan hanya dari puncak air terjun, melainkan juga dari tengah dan dasar tebing. Benar-benar tempat yang bagus, keren, dan instagramable untuk hunting foto.
Sumber air seperti ada di mana-mana. Itulah mengapa air ini disebut Coban Sewu. Coban berarti air terjun, sedangkan sewu berarti seribu, sebagai kiasan karena sangat banyaknya sumber air yang ada. Airnya pun jernih dan dingin.
Percik-percik air terjun menyegarkan muka dan badan yang sempat bermandi peluh. Sungai yang jernih menjadi tempat yang tepat untuk membasuh wajah dan merasakan dinginnya air sumber Coban Sewu. Bebatuan eksotis di dasar tebing menambah indah ciptaan Tuhan ini. Anda pun akan betah berlama-lama disini.
Jarak Air Terjun Tumpak Sewu dari Lumajang sekitar 55 km ke arah barat. Sedangkan jika ditempuh dari Kota Malang sekitar 65 km ke arah selatan. Letak pintu masuk air terjun Tumpak Sewu sendiri ada di sisi jalan raya Malang – Lumajang (jalur lintas selatan).
Rute perjalanan dari Kota Malang dapat ditempuh melalui Pasar Gadang – Bululawang – Turen – Dampit – Ampel Gading – Gapura Perbatasan – Air Terjun Tumpak Sewu. Sedangkan dari arah Kota Lumajang, Anda bisa melewati Pasirian – Jembatan Gladak Perak – Piket Nol – Air Terjun Tumpak Sewu.
Akses jalan dari kedua kota tersebut sudah bagus dan mudah dilewati. Hanya saja, jalurnya berkelok dengan ruas jalan tidak terlalu lebar. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati ya!
Untuk kendaraan yang Anda bawa bisa diparkir di lokasi yang dikelola oleh warga setempat. Biaya parkir dibanderol dengan harga Rp. 5.000,- / motor. Setelah memarkir kendaraan, Anda harus membeli tiket masuk seharga Rp. 5.000,00/ orang. Tapi, tiket ini hanya berlaku untuk lokasi atas saja (tempat untuk melihat panorama Air Terjun Tumpak Sewu dari atas tebing).
Jika sobat traveler ingin melihat Air Tejun Tumpak Sewu dari dekat, maka harus melanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalan setapak. Trek ini cukup ekstrim dengan meniti tangga dari bambu seadanya dan sebagian harus turun dengan berpegangan seutas tali. Begitu sampai di area ini, Anda akan dikenai biaya lagi sebesar Rp. 5.000,- / orang.
12. Coban Ciblungan
Coban Ciblungan
Coban Ciblungan (Foto : instagram.com/mdevyderia/)
Ini dia tempat wisata air terjun terindah di Malang yang masih perawan alias belum terjamah oleh wisatawan. Namanya Coban Ciblungan yang terletak di Jalan Raya Dampit – Lumajang, Purwoharjo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur.
Untuk menuju lokasi air terjun ini, Anda hanya perlu sedikit trekking dengan jarak sekitar 50 meter. Air terjunnya tidak terlalu tinggi tapi menyimpan kesejukan yang luar biasa. Nah, buat sobat traveler yang suka main air, ada baiknya menyiapkan baju ganti. Disini sudah disediakan kamar mandi untuk ganti lho, walaupun belum ada WC-nya.
Di samping air terjun utama, terdapat air terjun kecil yang bisa Anda pakai buat basah-basahan main air. Untuk harga tiket masuknya masih gratis, hanya bayar biaya parkir kendaraan di halaman rumah penduduk sebesar Rp.5000,-.
13. Coban Cinde
Coban Cinde
Coban Cinde (Foto : instagram.com/nekomarusama/)
Coban Cinde terletak di Desa Benjor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Jarak lokasi air terjun dari Kota Malang sekitar 27 km ke arah timur. Letaknya yang cukup tersembunyi membuat tempat wisata alam ini belum banyak dikunjungi wisatawan.
Selain kondisinya masih sangat alami, air terjun Coban Cinde memiliki pesona tersendiri bagi yang menyukai petualangan sebab medan untuk mencapai coban ini cukup berat. Di area Wanawisata Coban Cinde terdapat dua air terjun yang bisa Anda temui.
Pertama, coban yang muncul dari aliran di sisi tebing setinggi kurang lebih 50 meter dengan debit air yang tidak terlalu besar. Kedua, air terjun yang disebut dengan Coban Cinde itu sendiri. Coban ini berasal dari aliran sungai utama yang memiliki debit air besar dengan ketinggian kurang lebih 30 meter.
Nama “Cinde” diambil dari bentuk air terjun yang seperti cinde atau syal yang berkibar. Aliran air sungai dari atas ke bawah yang membentuk air terjun ini sangat deras dan segar. Debit air yang besar disertai hempasan angin membuat Coban Cinde seakan berkibar-kibar dan sangat menyejukkan.
14. Coban Jahe
Coban Jahe
Coban Jahe (Foto : instagram.com/willyphotowork/)
Air Terjun Coban Jahe terletak di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Lokasinya yang tersembunyi di kawasan Perhutani unit II Jatim Malang membuat suasana coban ini semakin alami.
Taman yang terdapat di sekitar air terjun begitu anggun menghiasi Coban Jahe yang rupawan. Tebing yang menjulang tinggi, bebatuan yang masih besar, hijaunya pepohonan yang meneduhkan dan air yang terpancar deras dari ketinggian menyuguhkan keindahan nan mempesona.
Selain berfoto dengan background yang cantik, disini Anda juga bisa bermain flying fox dan river tubing yang memicu adrenalin. Harga tiket masuk Coban Jahe sebesar Rp.5.000,-, biaya parkir kendaraan Rp.2.000,-, river tubing trek pendek Rp. 75.000,- dan river tubing trek panjang Rp. 150.000,-.
15. Coban Manten
Air Terjun Coban Manten
Air Terjun Coban Manten (Foto : dika-cyber4rt.blogspot.com)
Coban Manten terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Air terjun cantik ini berjarak sekitar 30 km dari Kota Malang. Coban Manten juga dikenal dengan nama Coban Kembar.
Di tempat ini terdapat dua air terjun yang saling berjajar dalam satu tebing seperti sepasang pengantin. Mungkin karena itulah air terjun ini dinamakan Coban Manten (pengantin). Lokasinya yang tersembunyi dan jarang dijamah membuat Coban Manten memiliki alam yang masih sangat alami.
Tak hanya itu, letaknya yang berada di ketinggian menawarkan sensasi dan panorama tersendiri dibanding coban lainnya. Sejuknya air yang jatuh dari atas tebing, dari dua sumber sekaligus akan membuat wisatawan betah berlama-lama disini. Penat dan lelah akan terbayar dengan sajian alam nan indah di tempat ini.
Coban Manten termasuk dalam serangkaian air terjun lainnya yaitu Coban Tengah dan Coban Rondo. Coban Manten terletak paling atas di pegunungan, kemudian di bawahnya terdapat Coban Tengah, dan Coban Rondo.
Untuk mengunjungi Coban Manten, Anda terlebih dahulu harus ke Coban Rondo yang terletak di bagian paling bawah. Sesampainya di Coban Rondo, Anda akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Anda masih harus meneruskan perjalanan sampai di Coban Manten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar