Selasa, 29 November 2016

wonderful east sulawesi

1. Pantai Losari

Pantai ini telah menjadi icon Kota Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan. Dari sejak dahulu, pantai ini telah menjadi destinasi utama para wisatawan. Rasanya, tidak lengkap kalau berkunjung ke kota Angin Mammiri (julukan kota Makassar) kalau tidak menyempatkan diri untuk ke pantai ini.
Pantai Losari adalah salah satu dari sedikit pantai dimana wisatawan bisa menikmati matahari terbenam (sunset) dengan sempurna. Total ada tiga anjungan di Pantai Losari. Dimana, tiap-tiap anjungan menyuguhkan suasana yang berbeda. Menikmati sunset di tempat ini akan menjadi sempurna jika ditemani pula dengan Pisang Epe, makanan khas kota Makassar.
2. Pantai Tanjung Bira

Pantai ini berada di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Sekitar 250 kilimeter dari Kota Makassar. Pantai yang berada dibagian paling selatan Sulawesi Selatan ini menyajikan sensasi yang luar biasa. Pengunjung akan dimanjakan dengan pasir putih yang halus seperti terigu.
Pemandangan yang indah dengan batu karang yang banyak juga menambah nikmat suasana. Pantai ini sejak dahulu juga telah menjadi destinasi yang paling diminati wisatawan. Baik wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara tidak akan melewatkan momen berkunjung ke tempat ini. Di tempat ini juga telah tersedia banyak fasilitas. Keren dah!
3. Pantai Barombong

Pantai ini baru beberapa tahun belakangan mulai dijadikan destinasi wisata. Pantai yang terletak di Kecamatan Tamalate, Makassar ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunset. Daya tarik pantai yang berjarak ± 12 km (40 menit) dari pusat kota ini terutama adalah pemandian alam dan olahraga airnya.
Di akhir pekan, pantainya yang memiliki pasir hitam ini jadi primadona untuk dikunjungi. Daerah ini juga merupakan daerah perkampungan nelayan terbesar di Makassar. Sehingga, tempat ini juga dipenuhi oleh tempat kuliner hasil laut terbesar. Jadi, tidak ada salahnya kalau ke Makassar menikmati ikan bakar di Pantai Barombong.
4. Pantai Lemo


Pantai Lemo berada di daerah Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Pantai ini menjadi salah satu pantai yang tepat untuk bersantai. Karena selain deburan ombak yang akan menemani, juga mata akan dimanjakan dengan jejeran pohon kelapa yang sangat damai.
Pantai Lemo berada di sebelah Barat Malili, yakni di Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur. Pantai Lemo telah menjadi destinasi wisatawan baik domestik dan mancanegara. Walau jakarnya cukup jauh dari Kota Makassar, namun suasananya tidak akan membuat kita ingin cepat kembali.
5. Pantai Munte

Pantai Munte atau disebut juga Pantai Lemolemo terletak di Kabupaten Bulukumba. Posisinya sebelum memasuki kawasan Pantai Tanjung Bira. Pantai ini masih terbilang perawan dan belum terjamah oleh banyak tangan-tangan manusia. Jangan mencari penginapan di tempat ini, karena belum tersedia.
Pantai ini sangat cocok untuk berwisata alam sambil camp. Karena sepanjang bibir pantai yang berpasir putih dan halus, juga diselimuti oleh hutan yang rindang. Monyet-monyet liar juga masih banyak berkeliaran di tempat ini. Walau terbilang cantik, namun sangat sedikit yang mau berkunjung ke tempat ini karena dinilai pantai angker.
6. Pantai Marina


Pantai ini terbilang baru dan langsung terkenal. Itu karena pembangunannya yang megah dan prestasi bupatinya yang mendunia. Yah, pantai yang terletak di Dusun Korong Batu, Desa Baruga ,Kecamatan Pa’jukukang ,Kabupaten Bantaeng ini menjadi pintu masuk untuk menikmati pantai-pantai di Kabupaten Bulukumba.
Fasilitas yang lengkap dengan standar dunia memang menjadikan Pantai Marina sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi. Desain dan suasana yang disajikan di Pantai ini memang berbeda dengan suasana pantai lainnya di Sulawesi Selatan. Intinya, kamu tidak akan menyesal jika ke tempat ini.
7. Pantai Apparalang

Pantai Apparalang merupakan salah satu pantai di Bulukumba yang akhir-akhir ini sedang hangat dibicarakan diberbagai sosial media. Pantai ini awalnya terkenal dari sosial media hingga mencuri perhatian banyak wisatawan. Pantai yang katanya mirip dengan Raja Ampat di Papua ini juga disebut Raja Ampat versi Bulukumba.
Untuk mencapai lokasi Pantai Apparalang memang sedikit sulit, dengan jalan yang terjal. Namun, keindahan yang disuguhkan akan menghapus semua kenangan selama perjalanan. Fasilitas di tempat ini memang belum sebagus di Pantai Bira, namun lokasinya sangat cocok buat yang suka dengan tantangan.
8. Pantai Mandala Ria


Pantai ini terletak di Desa Lembanna, Bontobahari, Bulukumba. Masih satu gugusan dengan Pantai Apparalang. Di pantai ini, mata akan dimanjakan dengan pasir putih yang eksotis dan deretan pohon kelapa. Pantai yang masih baru dibuka untuk wisatawan ini memang belum terlalu banyak yang tahu.
Walau masih belum terlalu terkenal, namun Pantai Mandala Ria telah menjadi salah satu destinasi wisatawan, khususnya mereka yang suka traveling dan backpaker. Walau masih sepih, namun beberapa fasilitas sudah dibangun dan memanjakan pengunjung.
9. Pantai Ujung

Disebut Pantai ujung karena terletak di bagian ujung sepanjang bibir pantai Bagian timur bulukumba, atau jajaran pinggir pantai Appalarang. Pantai ini memberikan Suasana ombak yang berbeda dari yang lain, bukan Karena kencang ombak dari arah angin Timur, namun keindahan batu karang di bawahnya adalah surga yang hanya ada di pantai ini.
Selain itu jika beruntung dengan cuaca yang cerah, wisatawan juga bisa secara langsung melihat gugusan pulau sembilan yang berada di wilayah perairan kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Lagi-lagi, Kabupaten Bulukumba menyimpan keindahan yang menakjubkan.
10. Pantai Samboang


Lagi-lagi, masih dalam satu gugusan dengan Pantai Apparalang, Pantai Samboang menyuguhkan suasana yang berbeda dengan pantai lainnya. Pantai ini menjadi satu-satu wisata pantai dengan pasir putih yang cantik yang cocok untuk menikmati matahari terbit.
Hamparan pasir putih yang luas menjadikan pantai ini bisa disulap untuk menggelar berbagai ivent. Sebut saja, colur run yang heboh dimana-mana itu pun sudah pernah digelar di tempat ini. Fasilitas dan penginapan juga telah lengkah di Pantai Samboang, sehingga menjadi alternatif kedua bagi keluarga yang ingin berlibur setelah pantai Bira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar